Senin, 18 Juni 2012

Pertanyaan


Siapa bilang masa anak-anak itu masa lalu yang mudah dilupakan? No.. setiap memori masa kecilku aku ingat betul, bahkan aku ingat mainan kesukaanku waktu aku belum bisa jalan, aku sangat suka mobil-mobilan berlampu kelap kelip dengan penumpang berambut awut-awutan warna-warni, yang kalo disetel mobil itu akan jalan nggak karuan arahnya, belok Cuma kalo nabrak hehe.. aku juga ingat salah satu benda kesayanganku adalah tempat minum berbentuk gajah, oiya aku juga suka beli minuman sitrun yang dikemas dalam botol-botol plastik berbentuk orang-orangan warna-warni J

Tapi, lebih dari itu, aku sedang mengingat-ingat pertanyan-pertanyaan polos yang pernah kuajukan pada emakku:

Kekasih gelap
Gara-gara denger lagunya SO7 aku jadi tanya ke Emakku, “mah, kekasih gelap maksudnya gimana?” saat itu mungkin masih SD, aku sudah tahu maksudnya kekasih tapi kalo digabung dengan kata gelap, wes gak mudeng aku.. hehe.. dan aku lupa beliau menjawab apa, mungkin diam saja, buktinya aku lupa.

Jaya!
Banyak orang-orang di desaku yang memberi nama tokonya “TOKO JAYA” dan aku benar-benar tidak tahu arti kata Jaya, akupun menanyakannya pada emakku, kata emakku jaya itu artinya sukses atau menang.. J

Huruf n dan g
Hahaa.. yang ini sampai sekarang pun aku masih memepertanyakan. Saat itu ibuku sedang di kamar mandi (aku bahkan ingat settingnya J) dan aku baru belajar menulis, kutanya gimana cara menulis ‘ENG’ ibuku menjawab dari dalam kamar mandi “ya tinggal dijejerkan huruf en dan ge, kalo bikin ‘eny’ juga gitu huruf en dijejerin sama huruf ye”. Aku pun mengikuti jawaban itu tapi dalam hati kecilku aku protes benar, kenapa bisa huruf en dan ge dijejerkan berubah jadi eng, apa korelasinya.. sampai saat ini pun aku masih protes, kenapa nggak ada huruf eng, malah yang ada huruf eks (x) yang menurutku tidak terlalu penting, kan bisa tuh disandingkan huruf ka dan es, itu jelas akan menjadi eks.

Ah.. emakku, sampai aku dewasa pun kalo ada pertanyaan tentang hidup ini aku selalu menanyakanya pada beliau, walaupun seringkali beliau tidak bisa menjawab tapi beliau selalu berusaha menjawab seperti “nanti yah ditanyakan ke ustadzah dulu” atau beliau diam lalu cari referensi, pokoknya gimana caranya biar aku mendapatkan jawaban.

Tak bisa kubayangkan pertanyaan-pertanyaan apa yang nanti akan muncul dari mulut mungil anakku nanti, aku harus siap dengan jawaban paling imajinatif kalo sampai aku sendiri bingung bagaimana harus menjawabnya.. hehe..

2 komentar:

  1. Aaaah aku masih ingat minuman sitrun dengan botol orang2an, aku jalan kaki sama bapak ke toko citra kalo mau beli minuman itu. Waktu itu aku masih di Munggangsari, jalanan dari gereja sampai bakso pak bingar masih banyak ditumbuhi cemara :')

    BalasHapus
  2. hahaa.. iya itu faforit banget, yang bentuk satria baja hitam, tp ada juga si yang seri hewan2 kaya gajah-gajahan.. masih ada loh itu, aku belinya di depan TK, agak mahalan, jadi harus nabung.
    sekarang cemara tak bersisa...

    BalasHapus

 

my little history Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template