Selasa, 11 September 2012

Emak

Q.S. Al israa (23) "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia"

Sempat terbesit bahwa ayat ini agak lebai, mosok cuma bilang ah aja ga boleh, kan ga selamanya orang tua itu benar. Astaghfirullahaladziiiiim... dudul banget emang aku. Udah sombong sotoy pula. Emang gitu yah manusia, kalo belom ngrasain sendiri suka nggak percaya.
Sejak hamil yang ada di otakku sudah buka aku-sentris. Tapi full baby-sentris. Apapun yang kulakukan hal pertama yang terpikir di otakku adalah si baby. Salah satunya tentang makanan. Setiap hari sebelum tidur aku mereview makanan apa yang sudah kumasukkan ke tubuhku hari ini. Apakah karbohidratnya cukup? protein? vitamin? serat? air? Sebelum makan aku selalu menghitung hitung, mana karbohidratnya? kalau lagi males makan nasi aku makan kentang kukus 2 buah. Kalau merasa kurang serat aku langsung aja kukus brokoli, bayem, wortel, lobak atau sayur apapun yang aku stok di kulkas. Telur ayam kampung rebus sudah menjadi salah satu menu favoritku sekarang, dan susu adalah minuman yang tidak boleh lupa aku minum. Buah? oooo itu menjadi pengeluaran terbesar dalam anggaran makanan. Lebih besar dari anggaran daging, saking teraturnya makan buah. Kalau ini bukan karena lidahku manja dan pengenya makan enak. Enak? enggak boook, dulu aku makan berdasarkan mood, pengen bakso ya makan bakso, pengen mi ayam ya harus makan mi ayam. sekarang? no! laper? ntar, aku pikir dulu nutrisi apa yang perlu aku beri untuk si bayi.
Bukan cuma makanan, dulu aku orang yang suka ngepolin badan, kalo belum poool capeknya ga akan berhenti beraktivitas. Sekarang? harus diinget-inget betul. Stop kalau lelah, takut si baby kenapa-kenapa.
Kalau aku mulai kelelahan aduuuh khawatirnya luar biasa. Aku langsung tepuk tepuk perut sambil tanya dede sehat? ayooo kasih tanda kalu kamu sehat.. biasanya si dede langsung nendang atu menggeliat. Rasanya ploooong banget hehe.. InsyaAlloh tandanya dia sehat.
Di bulan-bulan akhir kehamilan si bayi akan mulai mendorong ke bawah, kadang terasa nyeri. Tapi nikmat, membayangkan si bayi sedang mencari jalan untuk keluarnya nanti.
Ketika hamil wanita akan lebih mudah lelah, kaki bengkak, sakit pinggang, daaaan sebagainya sebagainya, tapi sama sekali tidak menjadi beban bagi seorang ibu, semuanya tetap membahagiakan.
Semua cita-cita sekarang sudah beralih. aku singkirkan sejenak rencana hidup yang dulu kususun, sekarang saatnya nutrisi si kecil nanti, seperti apa pendidikanya nanti, permainan apa yang akan kulakukan untuk merangsang kecerdasanya nanti, lagu apa yang aku nyanyikan untuk menemaninya tidur, huaaah seisi otakku penuh dengan si bayi.
Hal ini juga pasti yang terjadi pada Ibuku dulu. Dari sebelum kelahiranku sampai sekarang aku sudah mau punya bayi. Bisa dibilang 99/100 hidup seorang Ibu dia pasrahkan untuk si anak. Kamu merasa sayang pada ibumu? Ibumu jauuuhh sejuta kali lipat sayang sama kamu!
Memberangkatkan dia haji, membelikan dia rumah, amat sangat tidak cukup kalau kamu merasa itu untuk membalas pengorbananya.
Satu-satunya hal setimpal yang bisa kamu berikan untuk ibumu adalah menjadi anak shaleh. Perlu digali lagi bagaimana caranya menjadi anak Shaleh. Manusia yang Shaleh. Kenapa?  Agar doamu untuk ibumu Alloh Kabulkan. Doa anak shaleh. Semoga doamu, doaku, doa kita semua untuk Ibu bapak kita menyelamatkanya, dan biar Alloh membalas segala kebaikan mereka kepada kita sekarang dan di akhirat nanti. Apapun usaha kita nggak akan pernah setimpal, untuk bisa setimpal hanya Alloh yang bisa melakukanya, sungguh hanya Alloh yang bisa membalas secara setimpal segala yang telah mereka lakukan. Oh iya, itu barusan bukan hasil ngemengku aja. Itu kata ibuku. Ia bilang aku menjadi apapun itu hanya untuk diriku sendiri. Satu-satunya yang Ibuku harapkan adalah aku menjadi anak yang shaleh. Berat sekali.

2 komentar:

 

my little history Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template