Rabu, 05 September 2012

Review Dokter Kandungan


Sekedar info buat yang lagi milih-milih dokter kandungan, ini cuma penilaian saya dari beberapa kali kunjungan ke beberapa orang dokter, dan penilaian saya ya berdasarkan kunjungan saya tersebut.
Saya orang yang tidak mudah percaya dengan dokter, agak skeptis dan curigaan, ini dokter lulusan mana nih? tau banyak nggak? dia meriksa apa aja? pengalaman berapa taun jadi dokter?  hehe.. pokoknya kepo sendiri kalo ke dokter, jadilah saya selalu ambil second, third, bahkan fourth opinion kalo chek up.

1. Dr. Adi Setyawan Prianto. Sp. OG (K)
Dokter Adi prakteknya di Rumah Bersalin Restu Ibu Jl. Prof. Suharso Purwokerto, deket sama GOR PWT. Saya ke dokter ini karena saat itu saya mudik ke kampung halaman di Purwokerto bertepatan dengan jadwal saya ke dokter, berhubung saya ibu yang disiplin (ehmm.. :D) pergilah saya ke klinik dr. Adi. Beliau adalah salah satu dokter yang lumayan tenar di Purwokerto. Dr. Adi sangat ramah, begitu masuk langsung disambut dengan baik. Beliau juga 'agak bawel' hehe.. tanya ini itu, kasih nasihat ini itu panjang lebar lamaaaa banget, tapi saya suka nih dokter yang begini, emangnya kita ke dokter bayar apanya? ya bayar ilmunya! ga mau rugi donk mahal-mahal tapi ga dapet info apa-apa.. hehe.. Beliau juga suka bercanda dan tidak kaku, so friendly.. tapi kayaknya pak dokter ini hobi ngasih obat deh. Crita tentang sedikit keluhan aja tanpa pemeriksaan lebih lanjut pak dokter ga segan-segan ngasih obat macem-macem termasuk antibiotik. Vitamin juga ngasihnya macem-macem banget. Alhasil bayarnya  agak mahal deh..

2. dr. Yuyun Lisnawati, Sp. OG
Dokter Yuyun Praktik di RS. Persahabatan, waktu itu saya menemuinya di bagian Griya Puspa. Satu-satu alasan yang membawa saya ke Rs. Persahabatan ya karena dekat dengan kantor, jadi bisa make waktu kosong di kantor buat pergi sebentar kontrol ke dokter. Dr. Yuyun juga sangat ramah, mau menjelaskan dengan detil hal-hal yang saya tanyakan. Dalam USG beliau adalah dokter yang paling jelas menerangkan hasil USG di layar bila dibandingkan dokter-dokter lain yang saya temui, bahkan bentuk bibir si baby pun, yang saya ngga bisa nangkep mana gambarnya, ditunjukkan dan dijelaskan bagaimana keadaanya.

3. dr. Hj. Lucky Savitry Widyakusuma, Sp. OG (K)
Dokter lucky juga saya temui di Rs. Persahabatan bagian Griya Puspa, awalnya saya ingin bertemu dr.Yuyun, tapi berhubung saya salah jadwal jadi saya pikir nggak ada salahnya lah bertemu dr. Lucky. Saya datang jam 10 pagi, karena begitu di jadwal, tapi Beliau sedang mengoperasi pasien jadi saya harus menunggu 2 jam, dan benar saja jam 12 beliau baru memulai praktek. Dengan menunggu segitu lama, dan gelar panjang di belakang namanya saya sudah berekspektasi lebih, apalagi melihat orangnya yang tampak cerdas dan tegas dalam berbicara. Eh, nggak taunya saya cuma diperiksa memakai alat pemeriksa detak jantung bayi, cuma diperdengarkan detak jantung si bayi, terus tangan saya dilihat katanya pucat jadi beliau menyarankan dan memberikan lembar pemeriksaan untuk cek darah di laboratorium, tapi saya dipersilakan untuk cek darah kapan saja dan balik lagi 2 minggu lagi. Padahal saya sengaja ke Rs. Persahabatan karena saya nggak mau telat cek up kandungan yang sudah memasuki umur 34 minggu dimana saya harus kontrol rutin 2 minggu sekali. Pada pemeriksaan sebelumnya dengan dokter Hera terlihat hasil USG bahwa bayi saya kurang berat badanya, jadi harus dipantau terus secara rutin dengan USG. Saat saya meminta diUSG sama dr. Lucky malah Beliau tidak bersedia, katanya nggak usah, ntar aja USGnya kalo udah 36 minggu. Kalo menurut saya si ngaco banget. Nggak ada salahnya donk saya minta USG, kenapa harus ditunda 2 minggu lagi, kalo memang bayi saya masih kurang berat badanya kan masih ada waktu untuk 'memperbaiki', semakin mepet hari kelahiran ya semakin nothing to do. Pemeriksaan dilakukan sangat singkat, nggak ada kali 5 menit saya di ruangan beliau. Kalau nggak ditanya juga beliau nggak respon apa-apa. Mungkin sedang lelah karena habis operasi, atau buru-buru ada jadwal lain yah.. mungkin..

4. Dr. Made, Sp. OG
Pertama kali saya ke Rs. Persahabatan, saya belum tahu kalau ada bagian yang namanya Griya Puspa. Kalo orang-orang sih bilangnya Griya Puspa itu bagian swastanya, dan ternyata memang jauuuh sekali dalam segi pelayanan dan harganya. Di Bagian 'Negerinya' saya bener-bener diombang-ambing harus kesana harus ke sini, ndaftar di sana, ngisi formulir ke sini, mbayar ke loket sana, nyerahin nota di sini, periksa di lantai ini, ambil hasil di lantai itu haduuuuh sangat nggak recomended terutama untuk ibu hamil, capek sekali hanya untuk cek up harus serepot itu. Nah, untuk USG pun saya harus pindah ruangan yang lumayan jauh dari ruang pemeriksaan, beda lorong, dan harus antri, saking antrinya saya harus balik lagi di keesokan harinya, begitu balik lagi esok harinya kurang lebih 2 jam saya harus menunggu karena dr. Made sedang menangani pasien kecelakaan. Saya dipersilakan masuk ruang pemeriksaan ketika masih ada pasien lain di dalam ruangan, pasien itu sedang diUSG di balik tirai. Saya sempat mendengar percakapan sr. Made dengan sang pasien dan nampak sekali dr. Made tidak malas menjawab pertanyaan-pertanyaan si pasien. sangat friendly. Nah begitu tiba giliran saya malah si dokter sibuk ngobrol sama suster, sayanya dicuekin. Tapi begitu ditanya ini itu dokter ini langsung respon dengan jawaban yang cukup memuaskan. Laporan hasil USGnya juga lengkap (beberapa dokter hanya memberikan foto hasil USG dengan keterangan yang tidak bisa dibaca oleh orang awam seperti saya). Dari dr. Made saya disarankan untuk ke Griya Puspa, baru deh saya tau ada bagian yang ga perlu antri lama begitu.

5. dr. Herawati, Sp. OG
Ini dia dokter favorit saya tapi saya malah ga tau nama lengkapnya siapa, Herawati siapaa gitu hehe.. saya konsultasi ke beliau di Klinik Permata Ibu daerah Jurangmangu Tangerang Selatan. Beliau juga praktek di RSCM. Kepada Beliaulah saya kontrol Rutin tiap bulan. Orangnya ramah, beliau selalu menjabat tangan begitu masuk dan setelah pemeriksaan selesai. Bagi saya ini penting. Dokter adalah orang asing yang akan menjudge  kita begini dan begitu, jadi keakraban akan menjadi sangat penting untuk menjalin kepercayaan. Beliau menerangkan sesuatu dengan detail, apalagi kalau ditanya, akan bermunculan berbagai saran yang sangat bermanfaat bagi pasien. Beliau juga tidak mudah memberikan obat, saya justru senang dengan dokter yang begini, Beliau lebih memilih memberikan nasihat untuk istirahat atau makan makanan yang baik untuk menghilangkan keluhan-keluhan yang tidak terlalu membutuhkan obat. Beliau juga tidak memberikan terlalu banyak vitamin, dan lebih menyarankan makan makanan bergizi. Hal yang saya keluhkan bukan dari pribadi dr. Hera tapi dari manajemen Klinik Permata Ibu tempat beliau praktik. Tidak ada yang namanya pendaftaran via telepon, harus datang langsung baru didaftarkan. Jadwal beliau adalah jam 9 pagi - 12 siang, pernah suatu hari saya mendaftarkan diri kurang lebih sekitar jam 11, eh saya ditolak, katanya pasienya sudah terlalu banyak. Lalu pada kesempatan yang lain saya datang agak siang sekitar jam 12 kurang, dr. Hera masih praktik di situ dan pasienya tinggal 2 orang, saya ditolak juga karena takut kesiangan, ahirnya saya ngotot nggak mau pergi, dan ternyata dr. Hera masih mau koq memeriksa satu pasien lagi. Tidak hanya itu, saya pernah telepon 2 kali ke klinik tersebut untuk menanyakan jadwal dr. Hera hari itu, pertama saya telepon pukul 4 sore, menurut operator telepon jadwal dr. Hera jam 5 sore, saya pun dandan rapih, tapi sebelum berangkat saya telepon lagi untuk memastikan, eh kata si itu suster operatornya dokter Hera datang jam 6. Saya pikir sudah cukup saya telepon 2 kali. Begitu jam 6 saya datang ke klinik itu dengan enaknya si suster bilang dokter Hera nggak bisa datang karena kejebak macet. Saya sangat maklum kalau dokter Hera tidak bisa praktek, yang saya kecewa kenapa tidak ada pemberitahuan, padahal data saya jelas-jelas ada di klinik itu, bisa dilihat nomor Hp saya untuk mengabari bahwa dr. Hera tidak jadi datang.

Setiap pasien pasti memiliki pengalaman yang bermacam-macam dengan dokter yang sama, begitulah pengalaman saya, mungkin berbeda dengan penilaian orang lain. Silakan pilih dokter sesuai keyakinan hati nurani. Sebelum periksa kumpulkan dulu berbagai macam keluhan dan pertanyaan, cari info sebanyak-banyaknya kan udah ada internet bisa lah baca-baca referensi agar tidak terlalu awam dengan bahasa dokter. Semoga bermanfaat :)

10 komentar:

  1. Kebetulan saya lagi di dokter Adi,wkwkkwkwkw bener banyak bgt obatnya,istri saya smpe bosen minummya T_T, ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tarif kontrol k dr. adi brapa skrng ya? mksi tk infonya :)

      Hapus
    2. Wah kalo tarif sy kurang tahu.. maaf

      Hapus
  2. Lagi isebg googling "dokter kandungan di Purwokerto" dan nongollah ini haha

    BalasHapus
  3. Btw program hamil di dr adi bagus ngga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya recomended mba.. memang spesialisasi beliau

      Hapus
  4. kalo mau daftar kemana ya bun ? barangkali bs daftar by tlp

    BalasHapus
  5. no telpon klinik.berapa ya ada yg tau gak

    BalasHapus
  6. dokter C. Herawati bukan ka namanya? dari ciri2 dan sikapnya sama banget si.. kebetulan aku lg cari reviewnya ini dokter kandunganku juga dari awaal. cuma karena di rs prakteknya (di siloam karawaci tangerang) usg 4d mahal bgt (dan aku lg kepengen 4d), aku ganti dokter deh.. tp pasti nanti balik lg ke dia. emang dr hera oke banget yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul.. baik banget, sangat ramah dan ga pelit ilmu :)

      Hapus

 

my little history Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template